SUCCESS STORY OF
SHAFIRA
BACKGROUND
Berawal dari Rumah Mode SHAFIRA
adalah sebuah sanggar busana muslimah yang didirikan di Bandung pada tanggal
1989 di Jl. Ir. H. Djuanda No. 52 Lt. II SHAFIRA dirintis oleh Fany Mustafa.
Nama SHAFIRA di ilhami dari makna
yang terkandung dalam kata “SHAF” yang banyak dijumpai di dinding masjid dan
berarti barisan. Dalam penafsiran yang lebih kini, “SHAF” juga berarti
organisasi. Dari ini semua SHAFIRA mengukir sebuah impian untuk menjadi sebuah
organisasi bisnis yang besar, kuat dan sehat dengan mensinergikan kekuatan-kekuatan
individu di dalamnya.
Keahlian yang dimiliki Feny melatarbelakangi sejarah
berdirinya SHAFIRA. Niat mulia ingin mengubah imej busana muslimah yang
dipandang sebelah mata menjadi trend fashion sudah menjadi semangatnya. Bisnis
yang dijalaninnya meroket hingga kini menjadi kiblat tren busana muslim di
Indonesia.
Semula ia hanya dibantu beberapa penjahit bahkan untuk
promosi busana hasil rancangannya ia lakukan dengan meminjamkan kepada
teman-temannya. Lalu ide kreatifnya melakukan fashion show di berbagai kota dan
membuka showroom membuat orang-orang tertarik.
Dalam perkembangannya, SHAFIRA
mendapat dukungan positif dari masyarakat dan seiring dengan itu mulailah
dibuat toko-toko diluar kota bandung. Hingga saat ini Alhamdulillah SHAFIRA
telah memiliki 22 showroom yang tersebar di beberapa kota besar diantaranya
adalah Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon, Surabaya,
Malang, Jember, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda dan Makasar.
Dalam perjalanannya SHAFIRA tidak
pula imun terhadap badai yang bernama krisis ekonomi. Walaupun harus dilewati
dengan penuh perjuangan SHAFIRA berhasil melewati krisis demi krisis melalui
pendekatan-pendekatan yang strategis, bahkan terkadang sangat tactical.
Alhamdulillah SHAFIRA bisa bertahan dan membesar hingga mencapai usianya yang
ke-21 tahun.
Seiring perkembangannya, SHAFIRA
berusaha konsisten untuk tidak melupakan salah satu unsur misi bisnisnya yaitu,
Corporate Social Responsibility
(CSR). Shafira juga meluncurkan beberapa program tahunan CSR yang selama ini
menjadi agenda tahunan yaitu :
1. Pembagian
1000 laptop untuk guru-guru di desa terpencil.
2. Pemberian
beasiswa kepada anak karyawan yang berprestasi.
3. Pemberian
santunan yang dilakukan melalui yayasan amal ( Amal Foundation).
4. Pemberian
bantuan berkala ke lembaga-lembaga sosial terdekat.
5. Pemberian
bantuan spontan ke daerah-daerah yang tertimpa bencana.
Insyaalloh, semakin besar SHAFIRA
semakin banyak yang dapat kami sumbangkan ke masyarakat luas serta bangsa
Indonesia secara umum.
VERI VLORIDA
Ide yang dimiliki Feny tidak ingin terhenti begitu
saja. Buktinya kemarin sebanyak 90 koleksi diluncurkan dalam persembahan
Lebaran Bersama Shafira 2010 di Plaza Indonesia kemarin. Tren kali ini
mengedepankan tema eksotik yang merupakan koleksi merangkai unsur budaya Maroko
dan Nusantara. Tidak hanya bagi orang dewasa koleksi busana itu juga diperuntukkan
bagi anak-anak dan orangtua.
Inspirasi rancanganya kali ini berkelana menuju
penjuru Afrika Timur. Perpaduan etnik nusantara dan budaya luar itu menambah
sentuhan instimewa pada koleksi busana yang dihasilkannya. "Menjadi sebuah
karakter bernama cklektik. Sentuhan kemewahan Marokko juga mewarnai koleksi
Lebaran kali ini," ucapnya.
Shafira juga telah membidik segmen menengah-bawah
dengan desain busana siap pakai dengan membuka Francise Market seperti Famous,
Lamara, dan Ozaya. Selain itu. Shafira juga melebar menjamah kawasan di negara
tetangga misalnya Malaysia. SHAFIRA sudah juga siap untuk ber-ekspansi ke
negara-negara Eropa terutama Perancis.
Menurut Feny, filosofi perubahan yang menjadi misi
Shafira tahun ini. Diaplikasikan sampai pada rancangan busana muslim. Koleksinya
tampil lebih praktis dan minimalis. Ditambah lagi dengan sentuhan motif batik
dan tenun yang merupakan ciri khas budaya Indonesia. Sebelumnya, 6 tahun lalu
sentuhan motif juga pernah digunakan Feny untuk koleksi rancangannya. Semua itu
dilakukan untuk mengungkapkan citra bangsa yang begitu kaya akan kreasi motif
kain. "Indonesia akan menjadi kiblat dunia di bidang fashion khusus untuk
busana muslim." ujarnya optimis
Culture,
Value and Aspirations
Dalam usaha kami towards a better untuk semua
stakeholders dan masyarakat di lingkungan sekitar. SHAFIRA beraspirasi untuk
mencapai hal-hal berikut ini :
1. Berjuang
untuk menjadi yang pertama dalam perebutan mind-share
di dunia fashion apparel di Indonesia. Untuk itu kami akan berusaha menjadi out-front, pioneering, leading and presence.
2. Sumber
daya manusia adalah sumber kekuatan SHAFIRA dalam melewati segala macam
kesulitan. Untuk itu SHAFIRA menjunjung tinggi nilai-nilai humility, honesty, integrity,
ethical, workhard and fun, continuously learn and improve, friendship and teaming up.
3. Komitmen
yang kuat yang tidak akan terlena untuk mencapai tujuan-tujuan yang lebih
tinggi dan lebih besar dari waktu ke waktu.
4. Melihat
sisi kesempatan dimana SHAFIRA bisa berkontribusi kepada masyarakat disekitar.
5. Dalam
jangka panjang SHAFIRA mempunyai mimpi untuk menjadi salah satu tempat bekerja
yang menyenangkan bagi yang memiliki talenta di Indonesia.
Product
Philosophy
Identifikasi empat elemen
filosofi dalam pembuatan produk-produk SHAFIRA
1. Design
Harus bisa
menciptakan produk-produk yang nyaman, memberikan rasa bangga pada saat
mengenakan serta penampilan yang estetik.
2. Process
Harus semaksimal
mungkin melakukan women empowerment melalui pemuliaan ketrampilan dan
kompetensi diseluruh rantai pembuatan produk SHAFIRA.
3. Material
Harus semaksimal
mungkin meminimalkan penggunaan bahan-bahan yang dapat membahayakan bumi dan
lingkungan hidup hayati melaui pemilihan textil dan bahan baku yang lebih
environmental friendly.
4. Shari’ah
Harus tetap
memperhatikan dan menjunjung tinggi nilai-nilai islam di seluruh rantai proses
pembuatan serta pada produk-produk SHAFIRA.
Previlege
Programs
Dapatkan berbagai penawaran dan
fasilitas istimewa dari total kurang lebih 30 mercant SHAFIRA yang tentunya
sesuain dengan gaya hidup, Klik “Previleges Program” dan cari tahu dimana saja
anda bisa mendapatkan penawaran dan fasilitas istimewa tersebut.
Catalogue
Product
Mendapatkan informasi terbaru
melalui katalog produk yang dikirimkan langsung ke alamat rumah pelanggan/
customers.
Member
activity
Dapatkan kesempatan mengikuti
berbagai kegiatan member yang bermanfaat dan berhubungan dengan lifestyle,
seperti seminar, training kesehatan, konsultasi fashion, kegiatan “jilbab
class” dan beragam kegiatan bermanfaat lainnya yang secara rutin diselenggarakan
SHAFIRA bagi para membernya.
Update
Promo
Pemenang SHAVIRA VIP Member Card
akan mendapatkan informasi promo terbaru melalui sms dan email secara berkala.
Informasi
Previlege Program
PT Citraceria Usaha Khalifah
Ijin Haji : SK Manag RI No. D/
351/ 2004
Jl. Cisangkui No. 48 Bandung
T. 022. 7101262 7272948 (Fax.
022. 720 3795)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar