Jumat, 24 Februari 2012

TUGAS 4 (succes story)


SUCCESS STORY OF SHAFIRA

BACKGROUND
Berawal dari Rumah Mode SHAFIRA adalah sebuah sanggar busana muslimah yang didirikan di Bandung pada tanggal 1989 di Jl. Ir. H. Djuanda No. 52 Lt. II SHAFIRA dirintis oleh Fany Mustafa.
Nama SHAFIRA di ilhami dari makna yang terkandung dalam kata “SHAF” yang banyak dijumpai di dinding masjid dan berarti barisan. Dalam penafsiran yang lebih kini, “SHAF” juga berarti organisasi. Dari ini semua SHAFIRA mengukir sebuah impian untuk menjadi sebuah organisasi bisnis yang besar, kuat dan sehat dengan mensinergikan kekuatan-kekuatan individu di dalamnya.
Keahlian yang dimiliki Feny melatarbelakangi sejarah berdirinya SHAFIRA. Niat mulia ingin mengubah imej busana muslimah yang dipandang sebelah mata menjadi trend fashion sudah menjadi semangatnya. Bisnis yang dijalaninnya meroket hingga kini menjadi kiblat tren busana muslim di Indonesia.
Semula ia hanya dibantu beberapa penjahit bahkan untuk promosi busana hasil rancangannya ia lakukan dengan meminjamkan kepada teman-temannya. Lalu ide kreatifnya melakukan fashion show di berbagai kota dan membuka showroom membuat orang-orang tertarik.
Dalam perkembangannya, SHAFIRA mendapat dukungan positif dari masyarakat dan seiring dengan itu mulailah dibuat toko-toko diluar kota bandung. Hingga saat ini Alhamdulillah SHAFIRA telah memiliki 22 showroom yang tersebar di beberapa kota besar diantaranya adalah Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon, Surabaya, Malang, Jember, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda dan Makasar.
Dalam perjalanannya SHAFIRA tidak pula imun terhadap badai yang bernama krisis ekonomi. Walaupun harus dilewati dengan penuh perjuangan SHAFIRA berhasil melewati krisis demi krisis melalui pendekatan-pendekatan yang strategis, bahkan terkadang sangat tactical. Alhamdulillah SHAFIRA bisa bertahan dan membesar hingga mencapai usianya yang ke-21 tahun.
Seiring perkembangannya, SHAFIRA berusaha konsisten untuk tidak melupakan salah satu unsur misi bisnisnya yaitu, Corporate Social Responsibility (CSR). Shafira juga meluncurkan beberapa program tahunan CSR yang selama ini menjadi agenda tahunan yaitu :
1.       Pembagian 1000 laptop untuk guru-guru di desa terpencil.
2.       Pemberian beasiswa kepada anak karyawan yang berprestasi.
3.       Pemberian santunan yang dilakukan melalui yayasan amal ( Amal Foundation).
4.       Pemberian bantuan berkala ke lembaga-lembaga sosial terdekat.
5.       Pemberian bantuan spontan ke daerah-daerah yang tertimpa bencana.
Insyaalloh, semakin besar SHAFIRA semakin banyak yang dapat kami sumbangkan ke masyarakat luas serta bangsa Indonesia secara umum.


VERI VLORIDA
Ide yang dimiliki Feny tidak ingin terhenti begitu saja. Buktinya kemarin sebanyak 90 koleksi diluncurkan dalam persembahan Lebaran Bersama Shafira 2010 di Plaza Indonesia kemarin. Tren kali ini mengedepankan tema eksotik yang merupakan koleksi merangkai unsur budaya Maroko dan Nusantara. Tidak hanya bagi orang dewasa koleksi busana itu juga diperuntukkan bagi anak-anak dan orangtua.
Inspirasi rancanganya kali ini berkelana menuju penjuru Afrika Timur. Perpaduan etnik nusantara dan budaya luar itu menambah sentuhan instimewa pada koleksi busana yang dihasilkannya. "Menjadi sebuah karakter bernama cklektik. Sentuhan kemewahan Marokko juga mewarnai koleksi Lebaran kali ini," ucapnya.
Shafira juga telah membidik segmen menengah-bawah dengan desain busana siap pakai dengan membuka Francise Market seperti Famous, Lamara, dan Ozaya. Selain itu. Shafira juga melebar menjamah kawasan di negara tetangga misalnya Malaysia. SHAFIRA sudah juga siap untuk ber-ekspansi ke negara-negara Eropa terutama Perancis.
Menurut Feny, filosofi perubahan yang menjadi misi Shafira tahun ini. Diaplikasikan sampai pada rancangan busana muslim. Koleksinya tampil lebih praktis dan minimalis. Ditambah lagi dengan sentuhan motif batik dan tenun yang merupakan ciri khas budaya Indonesia. Sebelumnya, 6 tahun lalu sentuhan motif juga pernah digunakan Feny untuk koleksi rancangannya. Semua itu dilakukan untuk mengungkapkan citra bangsa yang begitu kaya akan kreasi motif kain. "Indonesia akan menjadi kiblat dunia di bidang fashion khusus untuk busana muslim." ujarnya optimis

Culture, Value and Aspirations
Dalam usaha kami towards a better untuk semua stakeholders dan masyarakat di lingkungan sekitar. SHAFIRA beraspirasi untuk mencapai hal-hal berikut ini :
1.       Berjuang untuk menjadi yang pertama dalam perebutan mind-share di dunia fashion apparel di Indonesia. Untuk itu kami akan berusaha menjadi out-front, pioneering, leading and presence.
2.       Sumber daya manusia adalah sumber kekuatan SHAFIRA dalam melewati segala macam kesulitan. Untuk itu SHAFIRA menjunjung tinggi nilai-nilai humility, honesty, integrity, ethical, workhard and fun, continuously learn and improve, friendship and teaming up.
3.       Komitmen yang kuat yang tidak akan terlena untuk mencapai tujuan-tujuan yang lebih tinggi dan lebih besar dari waktu ke waktu.
4.       Melihat sisi kesempatan dimana SHAFIRA bisa berkontribusi kepada masyarakat disekitar.
5.       Dalam jangka panjang SHAFIRA mempunyai mimpi untuk menjadi salah satu tempat bekerja yang menyenangkan bagi yang memiliki talenta di Indonesia.



Product Philosophy
Identifikasi empat elemen filosofi dalam pembuatan produk-produk SHAFIRA
1.       Design
Harus bisa menciptakan produk-produk yang nyaman, memberikan rasa bangga pada saat mengenakan serta penampilan yang estetik.
2.       Process
Harus semaksimal mungkin melakukan women empowerment melalui pemuliaan ketrampilan dan kompetensi diseluruh rantai pembuatan produk SHAFIRA.
3.       Material
Harus semaksimal mungkin meminimalkan penggunaan bahan-bahan yang dapat membahayakan bumi dan lingkungan hidup hayati melaui pemilihan textil dan bahan baku yang lebih environmental friendly.
4.       Shari’ah
Harus tetap memperhatikan dan menjunjung tinggi nilai-nilai islam di seluruh rantai proses pembuatan serta pada produk-produk SHAFIRA.
Previlege Programs
Dapatkan berbagai penawaran dan fasilitas istimewa dari total kurang lebih 30 mercant SHAFIRA yang tentunya sesuain dengan gaya hidup, Klik “Previleges Program” dan cari tahu dimana saja anda bisa mendapatkan penawaran dan fasilitas istimewa tersebut.
Catalogue Product
Mendapatkan informasi terbaru melalui katalog produk yang dikirimkan langsung ke alamat rumah pelanggan/ customers.
Member activity
Dapatkan kesempatan mengikuti berbagai kegiatan member yang bermanfaat dan berhubungan dengan lifestyle, seperti seminar, training kesehatan, konsultasi fashion, kegiatan “jilbab class” dan beragam kegiatan bermanfaat lainnya yang secara rutin diselenggarakan SHAFIRA bagi para membernya.
Update Promo
Pemenang SHAVIRA VIP Member Card akan mendapatkan informasi promo terbaru melalui sms dan email secara berkala.
Informasi Previlege Program
PT Citraceria Usaha Khalifah
Ijin Haji : SK Manag RI No. D/ 351/ 2004
Jl. Cisangkui  No. 48 Bandung
T. 022. 7101262 7272948 (Fax. 022. 720 3795)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar