Jumat, 24 Februari 2012

TUGAS 8 (Pasar Tradisional online)


1.    VALUE PROPOSITION :
Bisnis online kini sudah sangat menjamur di masyarakat indonesia tidak terkecuali di bandung sendiri. Akan tetapi belum banyak kita jumpai bisnis online yang didalamnya menyediakan barang kebutuhan pokok yang bisa kita dapatkan seperti di pasar induk, misalnya sayur-sayuran, buah-buahan, lauk pauk, beras, minyak, telor, dll. Disini yang membedakan pembeli tidak lagi harus susah payah ke tempat barang yang ingin dibeli melainkan dengan hanya duduk di depan komputer kesayangan mereka dan mengkoneksi internet mereka dapat langsung memesan barang yang mereka inginkan dengan sangat mudah dan hanya menunggu di rumah barang yang sudah anda pesan di internet tadi akan langsung meluncur dan tiba di rumah anda dan mengolahnya.
2.    REVENUE MODEL :
Modal yang digunakan didapatkan dari permodalan pribadi dan modal pinjaman dari bank. Sebetulnya modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, karena ada barang-barang tertentu yang perjual belikan berasal dari barang titipan dari para pemasok besar. Selanjutnya modal dialokasikan kedalam pembelian produk dari para distributor masing-masing produk yang akan diperjual belikan secara online setiap harinya,  dan digunakan untuk biaya perjalanan jasa antar ke rumah pembeli yang telah memesan secara online.
Penghasilan yang diperoleh dengan cara menjual barang-barang berupa semua kebutuhan sehari-hari secara online. Penjualan dilakukan setelah pembeli memilih barang secara online (melalui twitter, facebook, yahoo!messenger dan sms. Pesanan diterima sampai dengan jam 21.00 WIB dan pengiriman mulai jam 05.00 WIB.
Setelah pemesanan dan pembayaran dilakukan, selanjutnya pembeli di replay untuk informasi produk/ barang yang telah dipesan berikut pembayarannya. Setelah itu baru pengiriman dilakukan dengan jasa kurir.
3.    MARKET OPPORTUNITY :
Menurut pandangan kami peluang bisnis pasar tadisional online ini sangat menguntungkan ke depannya karena belum banyak pesaing yang menggeluti bisnis ini. Kebanyakan bisnis sejenis lebih kepada wujud real dalam toko atau swalayan yang pembelinya datang dan memilih secara langsung.
4.    COMPETITIVE ENVIRONMENT :
Adanya beberapa pesaing di pasar online tradisional seperti ini adalah para pesaingonline dari pasar asing akan tetapi tidak terlepas dari peran masyarakat sendiri untuk membangun kembali kepercayaan masyarakat dan kembali ke pasar tradisional online. Pasar online yang saat ini sudah ada belum terlalu banyak pilihan barang yang ditawarkan sehingga pembeli masih cenderung datang langsung ke market untuk mendapatkan pilihan yang diinginkan. Disini tantangan terbesar adalah untuk menyediakan pilihan barang yang beragam sehingga pembeli lebih interest untuk melakukan pembelian secara online.
5.    COMPETITIVE ADVANTAGES :
Bisnis online ini sangat praktis sehingga pembeli/ customer merasa dimudahkan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya karena customer tidak harus pergi ke pasar untuk membeli atau memilih barang yang akan dimasak setiap harinya dan sangat cocok untuk para wanita karier masa kini yang waktunya sangat terbatas dan ibu rumah tangga yang sedang memiliki bayi. Dengan adanya sistem pembelian online maka dimungkinkan untuk customer melihat barang yang diperjual belikan secara online dan melihat ketersediaan barang berikut harganya secara langsung. Selain itu harga yang ditawarkan juga relative lebih murah bila dibandingkan dengan harga di market. Adapun beberapa keunggulan yang bisa dilihat :
a.     Kami memliki gudang penyimpanan yang sangat besar sehingga mampu menampung semua produk yang diperjual belikan.
b.     Kami memiliki team yang mensupply barang barang yang layak ato tidak untuk dijual belikan.
c.      Kami mempunyai team yang selalu update daftar harga barang yang diperjual belikan.
d.     Pasar online kami memiliki fitur yang lengkap dan mudah dipahami.
e.     Shipping Cost Management memberlakukan pembelian diatas 50rb gratis ongkos kirim.
f.       Produk yang ditawarkan variatif dan dengan harga sangat-sangat terjangkau.
g.     Produk yang ditawarkan masih sangat segar dan dijamin kualitasnya.
h.     Ketepatan pengiriman sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan karena memiliki jasa kurir yang terlatih.
i.        Ada layanan aduan bagi cutomer yang tidak puas.
6.    MARKET STRATEGY :
Untuk promosi sendiri selain dilakukan secara online sangat tepat apabila dilakukan dengan menampilkan iklan di koran, brosur yang disebarkan ke perumahan penduduk sehingga sosialisasinya akan lebih luas dan lebih fenomenal di telinga masyarakat. Selain itu dibangunnya pencitraan akan kepercayaan masyarakat harus terus dibangun sehingga konsumen akan loyal dan secara otomatis berbagi informasi kepada orang-orang terdekatnya untuk menggunakan jasa layanan kami.




7.    ORGANIZATIONAL DEVELOPMENT :
a.     Pemilik usaha ( Leader )
Pemegang kendali seluruh arus lalu lintas pembelian barang dari distributor, penjualan ke customer dan pendistribusiannya.
b.     Purchasing
Bertanggung jawab atas seluruh stock barang yang tersedia dan bertugas melakukan pembelian barang.
c.      Administrasi
Bertanggung jawab atas segala jenis administrasi dan keuangan yang berlangsung dalam perusahaan.
d.     Controling
Bertanggung jawab atas kendali barang yang ada di gudang dan expired date nya.
e.     IT Support
Bertanggung jawab atas system dan jaringan perusahaan karena aktivitas perdagangan dilakukan secara online.
f.       Customer Support :
Memberikan informasi atau menerima layanan aduan dari customer
g.     Marketing
Bertugas menyebarkan informasi ke masyarakat
h.     Kurir
Bertanggung jawab atas pengiriman order customer atas barang yang telah dipesan melalui online.

8.    MANAJEMEN TEAM
Team yang dibutuhkan disini ada beberapa kategori terutama marketing, bisnis, pertanian, perdagangan, IT, dan tentunya dengan skill. Karena berawal dari sinilah perusahaan yang berbasic online ini akan terus bertahan bahkan melebarkan sayapnya agar bisa disejajarkan dengan pasar pesaing dari negara asing yang telah menjamur di indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar