1.
VALUE
PROPOSITION :
Bisnis online
kini sudah sangat menjamur di masyarakat indonesia tidak terkecuali di bandung
sendiri. Akan tetapi belum banyak kita jumpai bisnis online yang didalamnya
menyediakan barang kebutuhan pokok yang bisa kita dapatkan seperti di pasar
induk, misalnya sayur-sayuran, buah-buahan, lauk pauk, beras, minyak, telor,
dll. Disini yang membedakan pembeli tidak lagi harus susah payah ke tempat
barang yang ingin dibeli melainkan dengan hanya duduk di depan komputer
kesayangan mereka dan mengkoneksi internet mereka dapat langsung memesan barang yang mereka inginkan
dengan sangat mudah dan hanya menunggu di rumah barang yang sudah anda pesan di
internet tadi akan langsung meluncur dan tiba di rumah anda dan mengolahnya.
2.
REVENUE
MODEL :
Modal yang digunakan didapatkan dari
permodalan pribadi dan modal pinjaman dari bank. Sebetulnya modal yang
dibutuhkan tidak terlalu besar, karena ada barang-barang tertentu yang perjual
belikan berasal dari barang titipan dari para pemasok besar. Selanjutnya modal
dialokasikan kedalam pembelian produk dari para distributor masing-masing
produk yang akan diperjual belikan secara online setiap harinya, dan digunakan untuk biaya perjalanan jasa
antar ke rumah pembeli yang telah memesan secara online.
Penghasilan yang diperoleh dengan
cara menjual barang-barang berupa semua kebutuhan sehari-hari secara online.
Penjualan dilakukan setelah pembeli memilih barang secara online (melalui
twitter, facebook, yahoo!messenger dan sms. Pesanan diterima sampai dengan jam
21.00 WIB dan pengiriman mulai jam 05.00 WIB.
Setelah pemesanan dan pembayaran
dilakukan, selanjutnya pembeli di replay untuk informasi produk/ barang yang
telah dipesan berikut pembayarannya. Setelah itu baru pengiriman dilakukan
dengan jasa kurir.
3. MARKET OPPORTUNITY :
Menurut pandangan kami peluang bisnis
pasar tadisional online ini sangat menguntungkan ke depannya karena belum
banyak pesaing yang menggeluti bisnis ini. Kebanyakan bisnis sejenis lebih
kepada wujud real dalam toko atau swalayan yang pembelinya datang dan memilih
secara langsung.
4. COMPETITIVE ENVIRONMENT :
Adanya beberapa pesaing di pasar
online tradisional seperti ini adalah para pesaingonline dari pasar asing akan
tetapi tidak terlepas dari peran masyarakat sendiri untuk membangun kembali
kepercayaan masyarakat dan kembali ke pasar tradisional online. Pasar online
yang saat ini sudah ada belum terlalu banyak pilihan barang yang ditawarkan
sehingga pembeli masih cenderung datang langsung ke market untuk mendapatkan pilihan yang diinginkan. Disini
tantangan terbesar adalah untuk menyediakan pilihan barang yang beragam
sehingga pembeli lebih interest untuk melakukan pembelian secara online.
5. COMPETITIVE ADVANTAGES :
Bisnis online ini sangat praktis
sehingga pembeli/ customer merasa dimudahkan untuk memenuhi kebutuhan pokoknya
karena customer tidak harus pergi ke pasar untuk membeli atau memilih barang
yang akan dimasak setiap harinya dan sangat cocok untuk para wanita karier masa
kini yang waktunya sangat terbatas dan ibu rumah tangga yang sedang memiliki
bayi. Dengan adanya sistem pembelian online maka dimungkinkan untuk customer
melihat barang yang diperjual belikan secara online dan melihat ketersediaan
barang berikut harganya secara langsung. Selain itu harga yang ditawarkan juga
relative lebih murah bila dibandingkan dengan harga di market. Adapun beberapa
keunggulan yang bisa dilihat :
a. Kami memliki gudang penyimpanan yang
sangat besar sehingga mampu menampung semua produk yang diperjual belikan.
b. Kami memiliki team yang mensupply
barang barang yang layak ato tidak untuk dijual belikan.
c. Kami mempunyai team yang selalu
update daftar harga barang yang diperjual belikan.
d. Pasar online kami memiliki fitur yang
lengkap dan mudah dipahami.
e. Shipping Cost Management
memberlakukan pembelian diatas 50rb gratis ongkos kirim.
f. Produk yang ditawarkan variatif dan
dengan harga sangat-sangat terjangkau.
g. Produk yang ditawarkan masih sangat
segar dan dijamin kualitasnya.
h. Ketepatan pengiriman sesuai dengan
waktu yang telah dijanjikan karena memiliki jasa kurir yang terlatih.
i.
Ada
layanan aduan bagi cutomer yang tidak puas.
6. MARKET STRATEGY :
Untuk promosi sendiri selain
dilakukan secara online sangat tepat apabila dilakukan dengan menampilkan iklan
di koran, brosur yang disebarkan ke perumahan penduduk sehingga sosialisasinya
akan lebih luas dan lebih fenomenal di telinga masyarakat. Selain itu
dibangunnya pencitraan akan kepercayaan masyarakat harus terus dibangun
sehingga konsumen akan loyal dan secara otomatis berbagi informasi kepada
orang-orang terdekatnya untuk menggunakan jasa layanan kami.
7. ORGANIZATIONAL DEVELOPMENT :
a. Pemilik usaha ( Leader )
Pemegang
kendali seluruh arus lalu lintas pembelian barang dari distributor, penjualan
ke customer dan pendistribusiannya.
b. Purchasing
Bertanggung
jawab atas seluruh stock barang yang tersedia dan bertugas melakukan pembelian
barang.
c. Administrasi
Bertanggung
jawab atas segala jenis administrasi dan keuangan yang berlangsung dalam
perusahaan.
d. Controling
Bertanggung
jawab atas kendali barang yang ada di gudang dan expired date nya.
e. IT Support
Bertanggung
jawab atas system dan jaringan perusahaan karena aktivitas perdagangan
dilakukan secara online.
f. Customer Support :
Memberikan
informasi atau menerima layanan aduan dari customer
g. Marketing
Bertugas
menyebarkan informasi ke masyarakat
h. Kurir
Bertanggung
jawab atas pengiriman order customer atas barang yang telah dipesan melalui
online.
8. MANAJEMEN TEAM
Team yang dibutuhkan disini ada
beberapa kategori terutama marketing, bisnis, pertanian, perdagangan, IT, dan
tentunya dengan skill. Karena berawal dari sinilah perusahaan yang berbasic
online ini akan terus bertahan bahkan melebarkan sayapnya agar bisa
disejajarkan dengan pasar pesaing dari negara asing yang telah menjamur di
indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar